ANALISIS PENGARUH EFFECTIVE TIME TERHADAP BERTH OCCUPANCY RATIO DI WILAYAH TERSUS SEMEN INDONESIA GROUP TUBAN

Authors

  • Hidyan Rahmawan Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • Dian Junita Arisusanty Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • A.A Istri Sri Wahyuni Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • Jose Beno Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70799/jumma.v6i1.113

Keywords:

Pengawasan Syahbandar, Keselamatan, Keamanan Kapal

Abstract

Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17.500 pulau, memiliki wilayah perairan yang luas, sehingga transportasi laut menjadi sektor vital dalam mengintegrasikan barang dan jasa. Untuk mendukung peran tersebut, Indonesia harus memiliki infrastruktur transportasi laut seperti pelabuhan yang tangguh dan potensial agar dapat berfungsi secara optimal. Untuk memastikan keefektifan dan efisiensi operasional pelabuhan, indikator seperti Effective Time dan Berth Occupancy Ratio perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio, serta persentase pengaruh Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio di Terminal Khusus Semen Indonesia Group Tuban. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Effective Time (X) tertinggi secara total berada di bulan Oktober 2022 sebesar 2039,7 jam, sedangkan Effective Time terendah secara total berada di bulan Mei 2023 sebesar 1161,6 jam. Effective Time rata-rata tertinggi berada di bulan September 2022 sebesar 38,75%, dan yang terendah di bulan November 2022 sebesar 33,08%. Berth Occupancy Ratio (Y) tertinggi dengan kategori per-dermaga berada di bulan Juli 2023 dengan rasio sebesar 99,11% di dermaga T3 (Timur Nomor 3), sedangkan yang terendah berada di bulan Januari, Maret, April, Mei, dan Juni 2023 dengan rasio sebesar 0% karena dermaga T2 (Timur Nomor 2) tidak melayani bongkar muat barang. Berth Occupancy Ratio rata-rata tertinggi dari total 7 dermaga berada di bulan November 2022 dengan rasio sebesar 60,92%, dan yang terendah di bulan Mei 2023 sebesar 34,11%. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh sebesar 43,8% dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Model regresi yang diperoleh adalah Y = 0,0219x + 14,233, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara Effective Time terhadap Berth Occupancy Ratio

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Rahmawan, H., Arisusanty, D. J. ., Wahyuni, A. I. S. ., & Beno, J. . (2025). ANALISIS PENGARUH EFFECTIVE TIME TERHADAP BERTH OCCUPANCY RATIO DI WILAYAH TERSUS SEMEN INDONESIA GROUP TUBAN. Jurnal Maritim Malahayati, 6(1), 317-322. https://doi.org/10.70799/jumma.v6i1.113