PENERAPAN MEDIA VIRTUAL LAB PADA MATAKULIAH DASAR DASAR ELEKTRONIKA DAN ELEKTRONIKA DAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PRODI SISTEM KELISTRIKAN KAPAL
DOI:
https://doi.org/10.70799/jumma.v5i2.108Keywords:
Media Virtual Lab , Hasil Belajar, KeefektifanAbstract
Media pembelajaran bukan hanya sebagai solusi atas masalah tidak terlaksananya praktikum, tetapi juga dapat memberikan pemahaman konsep dan pengulangan kembali terhadap materi tersebut. Media pembelajaran alternatif yang dimaksud dapat berupa Virtual Lab. Virtual Lab dapat memperkuat kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan secara nyata artinya media ini dapat menjadi media praktikum alternatif untuk menggantikan praktikum yang nyata jika tidak dapat dilaksanakan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media Virtual Lab dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Elekronika dan Elektronika Daya di Prodi Sistem Kelistrikan Kapal. Manfaat Penelitian ini adalalah: (1) media Virtual Lab diharapakan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matakuliah Dasar-dasar elektronika dan Elektronika Daya; dan (2) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan Pendekatan yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain penelitian ini mengunakan One Shot Case Study. Data yang dihasilkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Media Virtual Lab adalah dengan menganalisis nilai Pre-Test dan Post- Test. Hasil data pretest yang didapat pada kelas SKK A adalah 65 sedangkan postest meningkat menjadi 80.83, dan data Pretes yang didapat pada kelas SKK B adalah 64.75 sedangkan Posttes meningkat menjadi 78.79. Peningkatan hasil belajar bisa di analisis dengan menggunakan N-Gain. perhitungan N-gain hasil belajar mahasiswa SKK angkatan XI kelas A dan B mengalami peningkatan sedang yang termasuk dalam kategori efektif, yang berarti media pembelajaran Virtual Lab dapat membantu memperbaiki hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata N-Gain Sebesar 0.42. Data respon yang diisi oleh mahasiswa yang berjumlah 38 orang melalui google form menunjukkan ketercapaian nilai 85% yang dikategorikan bahwa media pembelajaran Virtual Lab yang digunakan dalam pembelajaran Dasar-Dasar Elektronika dan Elektronika Daya berada pada kategori Cukup Praktis. Kesimpulan yang dapat diambil adalah:(1) Penerapan Media Virtual Lab dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-dasar elektronika dan Elektronika Daya; dan (2) Respon keefektifan penerapam Media Virtual Lab dengan menggunakan untuk meningkatan hasil belajar cukup Praktis dalam melaksanakan pembelajaran pada mata kuliah Dasar-Dasar Elektronikda dan Elektronika Daya.