MENGAJAR BAHASA INGGRIS MARITIM KEPADA MAHASISWA PROGAM STUDI PERMESINAN KAPAL: REFLEKSI DAN SRATEGI PRAKTIS

Authors

  • Yuli Pera Fitria Politeknik Pelayaran Malahayati
  • Dedi Kurniawan Politeknik Pelayaran Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.70799/jumma.v6i2.144

Keywords:

Bahasa Inggris Maritim, Permesinan Kapal, ESP, Strategi Pengajaran, Refleksi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merefleksikan praktik pengajaran Bahasa Inggris Maritim kepada mahasiswa jurusan Permesinan Kapal selama tujuh pertemuan awal semester di Politeknik Pelayaran Malahayati. Tujuan utama penelitian adalah mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis konteks kerja, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam penguasaan bahasa teknis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui jurnal reflektif dosen, observasi kelas, dan dokumentasi hasil tugas mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang mengintegrasikan tugas kontekstual, media visual, dan simulasi mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman mahasiswa terhadap kosakata teknis. Partisipasi aktif mahasiswa meningkat saat materi dikaitkan langsung dengan dunia kerja permesinan. Namun demikian, keterampilan berbicara dan menulis teknis masih menjadi tantangan utama, terutama dalam hal pelafalan, struktur kalimat, dan kepercayaan diri. Studi ini merekomendasikan pengembangan modul pembelajaran kontekstual, pelatihan guru dalam pendekatan English for Specific Purposes (ESP), serta penguatan fasilitas laboratorium bahasa berbasis simulasi. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran Bahasa Inggris Maritim yang relevan dan aplikatif untuk pendidikan vokasi teknik di Indonesia.

Downloads

Published

2025-07-01 — Updated on 2025-07-15

Versions

How to Cite

Fitria, Y. P., & Kurniawan, D. (2025). MENGAJAR BAHASA INGGRIS MARITIM KEPADA MAHASISWA PROGAM STUDI PERMESINAN KAPAL: REFLEKSI DAN SRATEGI PRAKTIS. Jurnal Maritim Malahayati, 6(2), 396–404. https://doi.org/10.70799/jumma.v6i2.144 (Original work published July 1, 2025)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.