EFEKTIVITAS PENERAPAN JAM TAMBAHAN DALAM CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INGGRIS MARITIM DI POLITEKNIK PELAYARAN MALAHAYATI TAHUN 2023

Authors

  • Syamsul Arifin Politeknik Pelayaran Malahayati
  • Elly Kartika Farida

Keywords:

Bahasa Inggris Maritim, Jam Tambahan, Efektivitas, Politeknik Pelayaran Malahayati

Abstract

ABSTRAK

Beraneka ragamnya bangsa di berbagai belahan dunia ini tentunya juga memiliki beraneka ragam adat, budaya dan Bahasa pula. Oleh karena itu, agar tidak terhalangnya komunikasi antar berbagai negara di dunia ini maka dipergunakanlah Bahasa internasional sebagai Bahasa dalam berkomunikasi. Bahasa inggris merupakan salah satu Bahasa internasional yang sering di pergunakan di berbagai negara. Karena negara inggris merupakan salah satu negara yang pernah menjajah hampir sebagian besar negara yang ada di dunia. Oleh karena itu tidak heran jika banyak sekali negara yang menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari.

Pelaut adalah sebuah profesi yang memiliki wilayah kerja tidak terbatas. Seorang pelaut bekerja dari satu Pelabuhan ke Pelabuhan lain, dari satu negara ke negara lain. Oleh karena itu pelajaran Bahasa inggris adalah pelajaran yang sangat penting dan harus di kuasai oleh para pelaut. Di dalam kurikulum pembelajaran pada sekolah kedinasan kementerian perhubungan terdapat sebuah mata kuliah yaitu Bahasa inggris maritim. Mata kuliah ini adalah modal utama bagi seorang pelaut agar bisa berkomunikasi dengan baik ketika akan bekerja di atas kapal bersama rekan kerja dari berbagai negara. Mengingat begitu pentingnya mata kuliah ini, maka khusus untuk mata kuliah ini diberikan jam tambahan di luar jam pembelajaran wajib yaitu kegiatan pembelajaran tambahan pada pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan agar semakin banyak waktu yang di alokasikan untuk melatih para taruna/i dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris untuk mendukung pendidikan vokasi di Politeknik Pelayaran Malahayati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dimana Informan dalam penelitian ini adalah para taruna/i program Diploma III yang sedang mengambil mata kuliah Bahasa inggris maritim di Politeknik Pelayaran Malahayati, tenaga pendidik yaitu dosen pengampu mata kuliah Bahasa inggris maritim Program Diploma III. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi.

 

Published

2024-01-01 — Updated on 2024-01-10

Versions