PENGARUH PERSEPSI TARUNA PADA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI DENGAN PENDEKATAN ANALISA GROUNDED THEORY

Authors

  • Rizqiya Windy Saputra Merchant Marine Polytechnic of Malahayati Aceh
  • Eka Nurmala
  • Muhammad Sapril Siregar
  • Diah Vitaloka

Keywords:

programmable logic controller, desain pembelajaran, grounded theory

Abstract

Mata Kuliah Pemrograman Logic Controller (PLC) merupakan mata kuliah keahlian yang sering dianggap sulit oleh taruna sistem kelistrikan kapal di Politeknik Pelayaran Malahayati. Banyak faktor yang mengakibatkan anggapan sulit ini diantaranya karena tidak adanya pengetahuan yang cukup tentang dasar-dasar pemograman komputer. Hal ini mendorong pengajar untuk menggunakan pendekatan pembelajaran berbeda yang lebih efektif dan menarik seperti metode pembelajaran gamifikasi. Gamifikasi banyak digunakan saat ini untuk memperkenalkan pendekatan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik demikian pula dalam penelitian ini yang menggunakan pendekatan tersebut dengan sebuah aplikasi bernama Scratch. Metode penelitian tersebut dianalisa dengan pendekatan grounded theory yang merupakan metode riset kualitatif yang menggunakan suatu set prosedur yang sistematik untuk mengembangkan suatu teori secara induktif tentang suatu fenomena atau kondisi. Penelitian ini menekankan studi tentang persepsi para taruna terhadap penerapan metode pembelajaran gamifikasi pada mata kuliah keahlian praktikum pemograman PLC. Pengambilan data berbasis grounded theory ini dilakukan dengan menggunakan wawancara yang pertanyaannya tidak terstruktur yaitu melalui interview yang dikenal dengan istilah unstructured interview. Data yang yang dikumpulkan tersebut akan dianalisa sehingga mendapatkan sebuah teori. Pada akhirnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan pendidikan di lingkungan politeknik pelayaran malahayati aceh.

Published

2024-01-01 — Updated on 2024-01-10

Versions