Optimalisasi Kinerja Pelabuhan Dalam Pelabuhan Boom Baru Palembang
Keywords:
Kinerja Pelabuhan, Optimalisasi, Customer Satisfaction, PeralatanAbstract
Pelabuhan Boom Baru merupakan salah satu pelabuhan yang turun temurun digunakan sebagai tulang punggung penggerak perekonomian di Palembang. Sebagai pelabuhan yang memegang peranan penting, maka perlu perhatian secara serius agar kinerja pelabuhan tetap terkendali sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap optimal. Seiring perkembangan zaman yang begitu pesat maka perlu dilakukan kajian ulang atas kinerja pelabuhan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Perlu langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bahwa kinerja pelabuhan masih layak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa optimalisasi kinerja pelabuhan, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pengguna jasa pelabuhan dan pengaruh perekonomian masyarakat terhadap keberadaan belabuhan. Metode yang digunakan dalam menganalisa permasalahan optimalisasi kinerja pelabuhan dan tingkat kepuasan pelanggang serta perekonomian masyarakat dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis perhitungan office excel yang dikomparasi dengan standar yang telah di tentukan oleh dirjen perhubungan laut. Sedangkan untuk mengukur tinggakt kepuasan pengguna jasa pelabuhan digunakan metode customer satisfaction (CS) Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan maka diperoleh hasil terhadap optimalisasi kinerja pelabuhan dari segi tingkat penggunaan demarganya (BOR) yaitu sebesar 72% sementara untuk tingkat pemakaian lapangan penumpukan (YOR) yaitu sebesar 83% sedangkan tingkat penggunaan gudang (SOR) yaitu sebesar 100%. Kepuasan penggunaka jasa diperoleh sebesar 78% puas. Adapun tingkat perekonomian masyarakat sekitar mengalami peningkatan sebesar 30%.