ANALISIS PENGARUH DIGITALISASI PEMBUATAN MASA LAYAR TERHADAP PELAYANAN KEPADA PENGGUNA JASA DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN UTAMA TANJUNG PERAK SURABAYA

Authors

  • Rosalina Rahmawati Program Studi Diploma IV Transportasi Laut, Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • Otri Wani Sihaloho Program Studi Diploma IV Transportasi Laut, Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • Femmy Asdiana Program Studi Diploma IV Transportasi Laut, Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia
  • Dian Junita Arisusanty Program Studi Diploma IV Transportasi Laut, Politeknik Pelayaran Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70799/jumma.v6i1.112

Keywords:

Pengaruh, Digitalisasi Masa Layar, Pelayanan kepada Pengguna Jasa

Abstract

Pembuatan surat masa layar online mulai diterapkan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya sejak tahun 2018. Pengurusan online ini merupakan program yang digagas oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya untuk memperoleh penghargaan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan ISO (International Organization for Standardization) yang diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pengurusan pembuatan surat keterangan masa layar. Sebelum pemberlakuan online, pengurusan manual dilakukan dengan cara mengambil nomor antrian serta membawa berkas yang telah ditentukan ke petugas untuk dicek. Proses tersebut memakan banyak waktu karena berkas yang diserahkan belum tentu benar dan harus kembali lagi untuk memberikan bekas yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan kendala dalam pembuatan masa layar online terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya serta untuk mengetahui pengaruh digitalisasi pembuatan masa layar berupa web masa layar terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden yaitu pengguna jasa (pelaut dan agen) yang mengurus pembuatan masa layar di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier dengan model persamaannya Y= 13.183 + 0.374X + e. Hasil pengujian menunjukkan bahwa digitalisasi pembuatan masa layar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan kepada pengguna jasa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.406 atau 40.6%. Pada uji hipotesis diperoleh t hitung 2.338 > nilai t tabel 2.048 sehingga memiliki kesimpulan yaitu terdapat pengaruh digitalisasi pembuatan masa layar online (X) terhadap pelayanan kepada pengguna jasa (Y).

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Rahmawati, R. ., Sihaloho, O. W. ., Asdiana, F. ., & Arisusanty, D. J. . (2025). ANALISIS PENGARUH DIGITALISASI PEMBUATAN MASA LAYAR TERHADAP PELAYANAN KEPADA PENGGUNA JASA DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN UTAMA TANJUNG PERAK SURABAYA. Jurnal Maritim Malahayati, 6(1), 259-263. https://doi.org/10.70799/jumma.v6i1.112