This is an outdated version published on 2024-01-01. Read the most recent version.
DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN SCRATCH PADA MATA KULIAH PEMOGRAMAN LOGIC CONTROLLER
DOI:
https://doi.org/10.70799/jumma.v5i1.71Keywords:
programmable logic controller, disain pembelajaran, pemograman komputer, scratchAbstract
Pemrograman Logic Controller (PLC) merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh taruna sistem kelistrikan kapal di Politeknik Pelayaran Malahayati, sehingga diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Banyak faktor yang menjadi sebab gagalnya pembelajaran taruna dimana diantaranya adalah minimnya pemahaman konsep dasar dari pemograman komputer. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa adalah melalui penggunaan desain pembelajaran berbasis gamifikasi yang menggabungkan elemen-elemen game ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan desain pembelajaran berbasis gamifikasi menggunakan Scratch pada mata kuliah Pemrograman Logic Controller (PLC) di Politeknik Pelayaran Malahayati dengan tujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar taruna melalui pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan menarik menggunakan konsep gamifikasi. Scratch merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pengenalan konsep pemograman komputer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa research and development dengan tahapan desain, pengembangan, dan evaluasi, serta menggunakan metode kuantitatif dalam pengumpulan dan pengolahan data. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan hasil belajar taruna pada mata kuliah PLC dan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kemampuan taruna dalam pemecahan masalah. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengembangan desain pembelajaran berbasis gamifikasi pada mata kuliah lainnya di Politeknik Pelayaran Malahayati.Downloads
Published
2024-01-01
Versions
- 2024-01-10 (2)
- 2024-01-01 (1)
How to Cite
Rizqiya Windy Saputra, Dedy Kurniadi, Muhammad Sapril Siregar, & Vitaloka, D. (2024). DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN SCRATCH PADA MATA KULIAH PEMOGRAMAN LOGIC CONTROLLER. Jurnal Maritim Malahayati, 5(1). https://doi.org/10.70799/jumma.v5i1.71
Issue
Section
Articles